Creating value for your business

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Organization Development Specialist Program_5th Batch
Hotel/Executive Club*, October 10-11, 2008

Pengembangan organisasi, dari hari ke hari semakin menjadi aktivitas yang
crucial bagi Perusahaan. Perkembangan lingkungan organisasi yang begitu
cepat sulit dibendung efeknya bagi organisasi. Karenanya satu2 nya cara
adalah untuk organisasi bisa secara berkesinambungan melakukan respond
optimal terhadap berbagai perubahan tersebut, termasuk perubahan
kepentingan dari para stake holders.

Sistem, orang dan budaya selalu menjadi 3 faktor yang akan menentukan
competitive advantage seperti apa yang akan dibangun Perusahaan.
Recruitment yang berhasil mendatangkan orang yang berkualitas akan menjadi
'percuma' bila sistem yang ada di Perusahaan tidak bisa mem fasilitasi
munculnya kinerja yang diharapkan dari orang tersebut. OD professionals
mempunyai peran sentral dalam membantu mengelola perubahan organisasi yang
ada agar selalu dapat menjadi 'wadah' yang memfasilitasi munculnya kinerja
yang diharapkan. Dengan demikian seorang OD professional dituntut untuk
memiliki wawasan mengenai strategic management, proses organisasi dan
tahap pengembangan organisasi yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan
Perusahaan.
Workshop ini bertujuan untuk memberikan overview dan refreshing
perspective mengenai peran OD professional di Perusahaan serta memberikan
perspektif dan ketrampilan dasar yang dibutuhkan agar seorang OD
professional bisa menjalankan perannya dengan optimal.
Outline
Definisi, peran dan job desc dari OD profesionals
Kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk berhasil
Membuat perencanaan dan evaluasi dari suatu Unit/Departement OD
Meningkatkan efektivitas keterkaitan antar Departemen OD dan Unit2
Organisasi lainnya.
Nature dari organisasi sebagai suatu sistem yang terbuka
Bagaimana mengaitkan inisiatif OD dengan arah Strategis Perusahaan
Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif OD
Prinsip2 dalam mengelola perubahan organisasi
Mengevaluasi kesiapan organisasi untuk berubah & menentukan strategi
perubahan
Tahapan dan Metode audit organisasi & proses identifikasi SWOT organisasi
Mengelola proses perubahan organisasi dan mempersiapkan sturuktur untuk
mendukung perubahan
Mengoptimalkan komponen OD: Organisasi, Proses & Tools
Link antara Sistem, Organisasi, People & Budaya Perusahaan
Metodologi pengumpulan data di dalam OD
Berbagai tools dan intervensi dalam OD
Link antara Job, Struktur, Komponen dan Disain Organisasi
Memahami berbagai komponen sistem: kompetensi, sturktur gaji dan reward,
sistem karir, dll serta proses menentukan prioritas intervensi
Memonitor dan mengukur efektivitas suatu intervensi OD
Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui learning
organisation & knowledge management

Method
Presentasi konsep dan framework, studi kasus, role play, sharing
pengalaman, presentasi kelompok, dll.
Workshop Leader
Pungki Purnadi, MM.
Memiliki sertifikasi HR Management dari Filipina dan telah memiliki
pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari
17 tahun. Selama karirnya di HR berbagai posisi pernah diembannya seperti
Head of Training & Develoment, Head of Corporate Man Power Planing, Head
of Corporate Career Development , Head of Corporate Organisation
Development and Studies, HRD Manager, serta Senior Human Capital Manager .
Termasuk di dalamnya beberapa penugasan International dan regional.
Pengalaman yang lengkap di dunia praktek HR ini di-'genap'-kan dengan
pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai industri
seperti tobaccos, power plant, telecommunication, pulp & paper dan
tourism.
Testimonial
" GOOD ! BETTER !. "
( Erliawan Sulistianto, RASD Supervisor, PT. SMART, Tbk)
" Trainer memiliki Expreince yang luas & mendalam tentang OD & HRM
sehingga waktu 2×8 jam sangat produktif/mengajarnya mengalie enak. "
( Sri Wahyuti, HRD Manager, PT. Indomobil Suzuki)
" Materi sangat membantu saya dalam pekerjaan, Trainer juga sangat
membantu dalam memberikan contoh-contoh untuk aplikasinya di tempat kerja.
"
(Tassi A. Sutoyo, HR Specialist, PT. Medifarma laboratories Inc)
Previous Participant
* Terima kasih kepada perusahaan – perusahaan yang telah mengirimkan
peserta pada Public Training " Organization Development Specialist
Program" Batch sebelumnya (PT. AIG Life, PT. Astra Honda Motor, PT.
Sampoerna Print, PT. Persero Pelabuhan Indo, PT. Tirta Investama, PT.
Freeport IndonesiaPT. Sinar Mas Agro Resources & Technology, Tbk. PT.
Daimler Chrysler Indonesia, PT. Darya-Varia Laboratoria Tbk, PT. Pelabuhan
Indonesia III, PT. Indomobil Suzuki International, PT. Mediafarma
Laboratories Inc, PT. Bank Syariah Mandiri, PT. Bank Mega Tbk, PT.
Tigaraksa Satria Tbk, PT. Rajawali Hyoto, PT. Toyota-Astra Motor, PT. HERO
Supermarket Tbk, PT. Astra Otopart Tbk, PT. Indah kiat Pulp & Paper, PT.
Makarta Ekaguna, Bank Danamon, PT. Rajawali Nusantara Indonesia, PT.
Federal International Finance, Bank Indonesia, PT. Pindo Deli Pulp & Paper
Mills, PT. HERO Supermarket Tbk, PT. Astra Otopart Tbk, PT. Indah kiat
Pulp & Paper, PT. Makarta Ekaguna, PT. Pindo Deli Pulp & Paper Mills, PT.
Rajawali Nusantara Indonesia, PT. Federal International Finance, Bank
Indonesia, Bank Danamon)
Venue Training Fee
Workshop akan dilaksanakan di Hotel Grand Flora (Kemang) / Arcadia / IBIS
/Twin Plaza / Kartika Chandra / hotel lainnya di Jakarta yang akan kami
konfirmasikan di dalam confirmation letter Rp 2.950.000,- (Registration 3
person/more; payment before Oct 5th, 2008)
Rp 3.250.000,- (reg before Sep 25th, 2008; payment before Oct 5th, 2008)
Rp 3.600.000,- (Full Fare)

High Competent Supervisor – a President at Mini Company
Hotel/Executive Club*, October 13-14, 2008

Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini yang begitu ketat, menuntut para
pelaku bisnis untuk melakukan banyak perubahan termasuk salah satunya
adalah Supervisor.
Dalam perkembangan ini, Supervisor merupakan Front Line Manager yang
merupakan Key-Player yang sangat penting dalam pencapaian sasaran
perusahaan/organisasi.
Dalam skala kecil, Supervisor ibarat seorang Presiden bagi area-nya dimana
tugasnya tidak hanya mengelola sumber daya dan memenuhi permintaan
customer tetapi juga mencari sumber daya, mengembangkan team, membuat
progress dari tugas yang dibebankan.
Maka sudah selayaknyalah jika seorang Presiden harus mempunyai Kompetensi
dan Komitmen yang tinggi agar organisasi yang dipimpinya bisa sukses dan
mendapat keutungan yang maksimale
Objective
Mengenal peran, fungsi dan tanggung jawab seorang Supervisor dalam
lingkungan Progressive Company
Memahami skills apa saja yang harus dikuasai oleh seorang Supervisor dalam
perannya sebagai President dalam Mini Company
Memahami aktivitas harian/mingguan/bulanan dari seorang Supervisor

Outline
Day One
Understanding Mini Company Concept and Skills required to be a President
at Mini Company
Mengenal kharakteristik perusahaan dengan pola Management Traditional dan
perusahaan dengan pola Management Progressive .
Memahami apa yang dimaksud dengan konsep mini company dan kharakteristik
apa saja yang dimilikinya.
Mempelajari Peran, Fungsi dan Tanggung jawabnya sebagai seorang Supervisor
dalam perusahaan dengan pola Management Progressive.
Belajar mengenal skill apa saja yang harus dikuasai oleh seorang
supervisor dalam perannya sebagai President di area yang menjadi tanggung
jawabnya.
Mengembangkan Relationship Skill
Mengembangkan Communication Skill
Day Two
Developing Fundamental Skills Required for a President of Mini Company
Belajar memahami dasar-dasar Empowering , yang merupakan basic skill dalam
mengembangkan potensi rekan kerja
Mempelajari Brainstorming – sebagai tools dalam mengembangkan ide
Mengenal Dasar-dasar bagaimana melakukan Meeting yang efektif dan produktif
Mempelajari Basic Problem Solving Approach
Mengembangkan teknik Team-Building yang merupakan skill paling mendasar
dari seorang Presiden Mini Company.

Target Participant
Program ini tidak hanya cocok dihadiri oleh para Supervisor di divisi
Manufaktur dan jasa, tetapi juga bisa digunakan sebagai momen untuk
perluasan / peningkatan managerial skill dan wawasan para Superintendent
ataupun Junior Manager.
Workshop Leader
Iwan Nova, MBA, CPIM, CSCP
Pengalaman 20 tahun dalam bidang manufacturing beberapa perusahaan MNC
seperti Mitsubishi Electric, Sony, Mattel, Pirelli Cables. Lulus dari ITB
Teknik Elektro dan mendapatkan MBA dari Monash University. Mendapatkan
sertifikasi CPIM (Certified Production Inventory Management) dan CSCP
(Certified Supply Chain Professional) yang dikeluarkan oleh APICS
(Association for Operation Management – USA). Pernah mengikuti berbagai
short courses di manca negara seperti di Jepang, Amerika, Italy, Malaysia,
dan China. Ia telah memberikan berbagai topik training dalam area
operation management dan personal development di berbagai perusahaan baik
secara in house ataupun publik.
Venue Training Fee
Workshop akan dilaksanakan di Hotel Grand Flora (Kemang) / Arcadia / IBIS
/Twin Plaza / Kartika Chandra / hotel lainnya di Jakarta yang akan kami
konfirmasikan di dalam confirmation letter Rp. 2.750.000,- (Registration
3person/more; Payment before Oct 8th, 2008)
Rp. 2.950.000,- (reg before Sep 28th, 2008; payment before Oct 8th, 2008)
Rp 3.450.000,- (Full Fare)

Special Package
Dapatkan Paket – paket Free Training dan Value Gathering bagi yang
tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk
bergabung, Kirim email kosong ke
valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com
Value Consult Training Series
Click the list below to subscribe specific training series only, we will
send as individual email :
School of Training
HR Management Series
Managerial Skills / Soft Skills Series
Production / Operation Management Series
Marketing Management Series
Financial Management Series
Corporate Communication Series
IT & Telecomunication Series
All Series

More Topics on October 2008
Assertive Communication Skills_2nd Batch | Jakarta/Executive Club*,
October 17-18, 2008 | Dianti Arudi, SS, MBA
Electronic Filing and Document Management System_4th Batch |
Hotel/Executive Club*, October 18th 2008 | Ir. Fahmi Rafsanjani

Contact Us
Value Consult Headquarters Offices :
ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A
Jakarta 12780
Contact Person : Ms. Riri
Phone : 7919 8730 / 7919 4462 / 0816-1119922
Fax : 79198740
E-mail : valueconsult@indo.net.id
Website: http://www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubsribe from Our Newsletter
Copy right @ Value Consult " Training & People Development Consultant "

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: