Re: Inspirasi ; Menjadi Pemberani

Sama sama terimakasih Mas Rahmadsyah, saya juga banyak belajar dari Mas Rahmadsyah kok…

Salam Sukses dan Berkelimpahan Selalu

Michael Antony Ugiono

 

POSEIDON Adventure Activities Agency
The Leader in Adventure-based Education Since 1999
OFFICE :
Jl. Timor Timur, Gg. Samosir No. F-19, Kayen, Sleman
Daerah Istimewa Jogjakarta – 55284
Phone : +62 274 7158686, +62 815 5934567 / SMS : 081468000129
E.mail : poseidon_jogja@yahoo.com
Website :www.mausolutions.com
“Nature shapes personality”

—– Original Message —-
From: RAHMADSYAH <rahmad_aceh@yahoo.com>
To: trainersclub@yahoogroups.com
Sent: Thursday, September 4, 2008 11:21:06 AM
Subject: Re: <trainersclub> Inspirasi ; Menjadi Pemberani

Pak Micheal terima kasih atas tambahannya. . itu menambah wawasan saya tentang PTSD. kemarin saya dapat istilah ini di youtube,.. jadi faham sekarang.. he…he…
 

Rahmadsyah
Certified Master NLP Practitioner
http://www.trainer- tcc.blogspot. com

—– Original Message —-
From: Michael Antony <poseidon_jogja@ yahoo.com>
To: trainersclub@ yahoogroups. com
Sent: Wednesday, September 3, 2008 8:23:17 PM
Subject: Re: <trainersclub> Inspirasi ; Menjadi Pemberani

Dear All,

Ijinkan saya memperkaya tulisan Mas Rahmadsyah.

Menghadapi rasa takut secara konfrontatof tanpa membangun sebuah coping strategy yang tepat dan dapat diterima oleh pikiran bawah sadar kita akan menyebabkan munculnya Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). PTSD adalah sebuah bentuk mental disorder yang sering dialami (terutama) oleh prajurit – prajurit yang pulang dari sebuah operasi tempur. Dalam situasi peperangan, secara normal setiap prajurit juga mengalami rasa takut yang luar biasa. Takut tertembak, takut terluka, takut tertangkap musuh dan disiksa, namun karena dihadapkan hanya pada dua pilihan yaitu membunuh atau dibunuh, maka mau tidak mau si prajurit harus menghadapi situasi yang menakutkan tersebut. Pikiran sadarnya berusaha mengesampingkan semua perasaan takut tersebut namun tidak demikian dengan pikiran bawah sadarnya. Sebuah situasi kontak tembak dengan musuh selama 2 menit saja akan terasa seperti berjam – jam. Peluru berseliweran disekitar kita melesat dengan kecepatan lebih dari 3 kali kecepatan suara (sebuah munisi kaliber 5,56 mm ditembakkan dari senapan serbu FNC mampu mencapai kecepatan laras 946 meter/detik) dan menghajar apapun yang berada dalam lintasannya tanpa ampun. Ledakan geranat menggelegar kadang hanya dalam jarak beberapa meter dari parit perlindungan dan pecahannya terbang kemana mana mencari korban. Hujan mortir bisa jatuh di mana saja tanpa kita ketahui sebelumnya dan bisa saja tiba tiba jatuh di posisi kita. Rekan disebelah kita yang baru saja berbicara dengan kita bisa tiba tiba saja terpental saat serentetan peluru senapan mesin musuh menghancurkan kepalanya. Darah bercampur serpihan tulang, daging, kulit dan otak muncrat ke wajah anda. Semua moment itu jika anda mengalaminya sendiri akan terasa lambat dan lama. Pikiran bawah sadar anda akan merekamnya dengan detail termasuk tekanan tekanan psikologis dan lonjakan lonjakan adrenalin yang anda alami. Rekaman rekaman bawah sadar inilah yang akan terus anda bawa dan mengakibatkan PTSD. Perilaku anda akan berubah, emosi anda akan mudah sekali meledak semudah meledaknya sebuah ranjau jika terinjak. Hubungan sosial anda akan terganggu dengan perubahan temperamen anda sebagai akibat ketakutan yang harus anda hadapi secara frontal tanpa coping strategy yang tepat. Bahkan banyak kejadian berujung pada tindakan bunuh diri.

Oleh karena itu setiap Angkatan Bersenjata selalu mengadakan latihan mulai dari latihan dasar hingga latihan – latihan peningkatan serta penyegaran bagi personil – personil satuan tempurnya. Bahkan sampai ke latihan – latihan menghadapi interogasi dan siksaan jika tertangkap. Tujuannya adalah untuk membentuk sebuah coping strategy yang tepat melalui pembentukan fisik dan sikap mental yang memadai untuk menghadapi situasi – situasi yang terburuk yang mungkin saja dialami seorang prajurit di medan tempur.
Berkat latihan – latihan berjenjang tersebut yang bahkan bagi prajurit – prajurit pasukan elite dilaksanakan sampai ke tingkat tekanan latihan yang di atas kemampuan rata rata manusia menjadikan tidak semua prajurit mengalami PTSD, sebagian besar dari mereka mampu melewati keadaan keadaan menakutkan itu tanpa membuatnya menderita PTSD.

Tahun 2005 Dr. Barbara V. Romberg, seorang Psikolog di Washington mengkampanyekan Give An Hour program, program ini akhirnya di support oleh pemerintah USA dan para donatur yang peduli dan menghargai pengorbanan para prajurit GI yang dikirim ke Iraq dan Afghanistan. Mereka menghimbau para psikiater, psikolog, dan warga negara yang memiliki kemampuan psycho therapy untuk menyediakan waktunya 1 jam seminggu membantu para veteran perang yang baru pulang dari Iraq dan Afghanistan yang mengalami PTSD yang ada disekitar tempat tinggalnya. Karena banyak prajurit yang mengalami PTSD sepulang dari medan operasi namun tidak melapor ke Dinas Psikologi Angkatan Bersenjata karena mungkin malu atau mungkin merasa enggan. Sebuah hotline khusus juga dibuka 24 jam seminggu untuk melayani para prajurit yang mengalami PTSD dan kerahasiaan identitas mereka dijamin. Dinas Psikologi Angkatan Bersenjata USA sendiri juga tidak memiliki jumlah personel yang cukup untuk seluruh veteran yang menderita PTSD yang menurut data statistic di Department of Defense kurang dari setengahnya yang melapor dan menerima penanganan pemulihan.

Metaphora dengan background story militer ini tidak hanya berlaku dan terjadi di dunia kemiliteran dan pertempuran bersenjata saja, namun sesungguhnya prosesnya juga terjadi dalam kehidupan setiap individu sehari hari.

Untuk mengatasi rasa takut atau ketakutan, diperlukan persiapan dan latihan – latihan yang dapat mengembangkan sebuah Coping Strategy yang tepat yang dapat diterima oleh pikiran bawah sadar anda. Bukan hanya asal berani, nekat maju menghadapinya. Bukan hanya sekedar bermodal teriakan,”SAYA PASTI BISA!!!” yang dikuti bunyi BYURRRR!!!!! …. karena kecebur di kolam lumpur benteng Takeshi.

Namun untuk memenangkan sebuah pertempuran, sebelum anda benar benar bertempur, anda memang harus memenangkan pertempuran tersebut di dalam pikiran dan perasaan anda dulu. Kita harus melatih diri menumbuhkan dan memperkuat resiliency kita serta mengembangkan coping strategy yang tepat untuk setiap problematika dan ketakutan yang kita alami. Mengenai What Is Human Resiliency akan saya tulis dan posting di kesempatan berikutnya.

Salam Sukses dan Berkelimpahan Selalu

Michael Antony Ugiono

“Man must exist in a state of balance between risk anda safety. Pure risk leads to self destruction, pure safety leads to stagnation. In between lies SURVIVAL & PROGRESS” -Michael Antony Ugiono-

 

POSEIDON Adventure Activities Agency
The Leader in Adventure-based Education Since 1999
OFFICE :
Jl. Timor Timur, Gg. Samosir No. F-19, Kayen, Sleman
Daerah Istimewa Jogjakarta – 55284
Phone : +62 274 7158686, +62 815 5934567 / SMS : 081468000129
E.mail : poseidon_jogja@ yahoo.com
Website :www.mausolutions. com
“Nature shapes personality”

—– Original Message —-
From: RAHMADSYAH <rahmad_aceh@ yahoo.com>
To: TCI <trainersclub@ yahoogroups. com>
Cc: bicara <bicara@yahoogroups. com>; Motivasi Indonesia <motivasiindonesia@ yahoogroups. com>; TungDWclub@yahoogro ups.com; HR GATE <HRGATE@yahoogroups. com>
Sent: Wednesday, September 3, 2008 5:03:20 PM
Subject: <trainersclub> Inspirasi ; Menjadi Pemberani

Assalamu’alaikum

Bagi shahabat milist tercinta, semoga email saya ini menghadirkan kenyamanan dan ketemtraman bagi anda. Indahnya mentari semoga menerangi bahtera perjalanan kita menjadi lebih terang menerang, agar kita menjadi pribadi-pribadi pari purna. seorang yang rela berkhidmat sebagai pelayan tuhan di muka bumi ini…

Keajaiban berpihak kepada pemberani
Keberanian adalah kesediaan
untuk melakukan yang ‘meskipun’.
(Mario Teguh)

Sebuah kebahagian rasanya, bila kita mampu mengalahkan sebuah perasaan takut. Karena kepantasan bagi pemberani adalah melakukan hal-hal yang dia takutkan. Hari ini saya melakukan sebuah langkah mewujudkan perilaku yang selalu menjadi doa saya setiap selesai menghadap Pencipta Alam semesta. Menjadi Pribadi Pemberani…


Seorang yang berani, bersedia melakukan sesuatu yang penting bagi kecemerlangan hidupnya, …
meskipun dia belum berpengalaman
meskipun dia tidak memiliki uang untuk itu
meskipun banyak orang meragukan kesempatan keberhasilannya
meskipun telah banyak orang gagal dalam upaya yang sama
meskipun sama sekali tidak ada jaminan
meskipun sebetulnya dia sangat ketakutan
dan
meskipun lebih mungkin baginya untuk gagal.

(Mario Teguh)

Ternyata rasa takut menyelimuti pribadi kita adalah sebuah dramatisir. Kenyataan dunia tidaklah seberat rasa takut yang kita ciptakan. perasaan malu maju kedepan tuk menyampaikan sambutan, perasaan takut menawarkan sebuah ide, takut ditolak, takut diketawakan, semua itu akan sirna dengan langkah-langkah nyata pemberani.

Cara terbaik mengalahkan rasa takut adalah dengan melakukan rasa takut tersebut.

Shahabat  tercinta…
Mari kita merenung sejenak, berapa banyak sudah rencana-renacan super telah kita gugurkan. pembatalan rencana secara sadar karena hadirnya rasa takut bahwa ide briliant tersebut tak mungkin terjadi. Berapa sering kita mengubur sebuah asa melakukan sebuah tindakan nyata agar kita naik kelas. Dan sekali lagi karena rasa takut juga kita tetap duduk dikelas tempo hari.

Karena setiap tindakan menbuahkan hasil, sepantasnya kita berperilaku sebagai pribadi pencipta hasil gemilang. Teringat pesan bapak Mario dalam MTBA Profesional Biggest Fear.

” Kalau anda mengharapkan uraian tangan Tuhan, berperilaku lah untuk memantaskan Tuhan menbantu anda. “

Maknanya, bila ingin usaha, tindakan dan cita-cita kita di iringi dengan Lambaian Kasih Sayang dan Pertolongan Maha Penolong. sewajarnya kita mengusahakan tindakan yang besar. Dimana manusia dibumi tak akan mampu menbantu kita Kecuali Dialah Yang Maha Kuasa.

Kini saya memahami, mengapa impian disarankan setinggi langit. Karena cita-cita besar membutuhkan  usaha sesuai mewujudkannya. sebuah usaha diatas kesanggupan kita sebagai manusia. Dan disinilah Doa kita menjadi makna. Karena setiap langkah menuju impian-impian mulia, akan selalu kita awali dengan Doa Pengharapan penuh. bahwa

Tiada upaya dan kekuatan sedikitpun kecuali
pertolongan dari yang Maha Kuat.

Semsetinya rasa takut itu tak pantas hadir. Karena doa dan rencana kita adalah kebaikan dan kemulian. Bukankah berlomba-lomba dalam kebaikan sebuah amanah dari Pemberi Rezeki ? Bukankah menjalankan amanah -Nya adalah perbuatan para Pelayan -Nya?  Dan menjadi hambanya yang taat dan bertaqwa adalah Doa dan tujuan hidup kita.
Demikian sharing singkat saya,..

Rahmadsyah
Certified Master NLP Practitioner
http://www.trainer- tcc.blogspot. com

__._,_.___

=====================================================================
5th TCI Anniversary

Info TCI:
LF TCI Jabodetabek:
   
LF TCI Surabaya:

LF TCI Semarang:

LF TCI Bandung:

=====================================================================
Dengan milis TCI… Anda dapat saling sharing pengetahuan & pengalaman, diskusi, maupun "menuai" berbagai informasi lainnya yang telah "ditabur" oleh rekan-rekan pengguna milis untuk pengembangan diri sebagai seorang Trainer.

Jangan lupa kunjungi Website Kita di http://trainersclub.or.id
==========================================================================
Setting Email (send blank email to):
Subscribe (Daftar)              : Trainersclub-subscribe@yahoogroups.com
Unsubscribe (Keluar dari Milis)      : Trainersclub-unsubscribe@yahoogroups.com
Tidak mau menerima Email      : Trainersclub-NOMAIL@yahoogroups.com
Kembali ke menerima email           : Trainersclub-normal@yahoogroups.com
Hanya Menerima email harian        : Trainersclub-digest@yahoogroups.com
Kirim email ke Milis              : Trainersclub@yahoogroups.com
Kirim email Owner/ Moderator    : Trainersclub-owner@yahoogroups.com
==========================================================================

Recent Activity

Visit Your Group

Y! Sports for TV

Game Day Companion

Live fantasy league

& game stats on TV.

Yahoo! Finance

It’s Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Find balance

between nutrition,

activity & well-being.

.


__,_._,___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: