Kick Andy, Andy F Noya dan Internet

Sumber : Virtual Consulting

Andy F Noya, host acara Kick Andy, sadar betul betapa hebatnya pengaruh Internet terhadap acara tevenya tersebut. ���Dari situs web KickAndy.com, kami bisa mendapatkan banyak topik yang diusulkan oleh pemirsa,��� katanya Kamis lalu di seminar Internet Marketing Outbox, yang diprakarsai oleh Arbey Indonesia. Kebetulan saya salah satu pembicaranya, sehingga sempat mendengarkan langsung bagaimana tim Kick Andy bisa mendapat banyak insight dari komentar-komentar di web KickAndy.com.

KickAndy.com memang dijadikan studi kasus pada seminar ini. Dengan gayanya yang khas, cerdas, dan komunikatif, Andy Noya memaparkan bagaimana webnya amat mendukung kesuksesan acara tevenya. Mantan pemimpin redaksi MetroTV itu mengaku tidak begitu paham Internet. Namun, didukung dengan tim teknisnya, ia bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari dunia maya. Mendapatkan insight dan ide cerita dari pengunjung web, hanyalah salah satunya.

Yang tak kalah pentingnya adalah komunikasinya dengan penggemarnya. Mereka bisa berkomentar di web karena komentar di teve tidak bisa dilakukan oleh semua orang mengingat waktu tayang acaranya yang terbatas. Mereka bisa mengusulkan topik-topik kesukaan mereka. Mereka juga melihat topik-topik yang akan ditayangkan di pekan-pekan berikutnya. ���Dengan demikian, mereka bisa memilih topik yang disukai dan menyempatkan nonton,��� katanya.

Meski ada saja penggemarnya yang nongkrong di depan teve setiap Kamis pukul 22.05 WIB dan atau Minggu jam 15.05 WIB, tetap ada saja yang tidak sempat. Maka Andy pun menyediakan versi teksnya di web dan versi online-nya di Youtube.com, untuk mengobati kekecewaan mereka.

Kecuali itu, interaktivitas web dimanfaatkan betul oleh Andy. Ia misalnya, di setiap akhir acara tevenya selalu menyediakan hadiah buku bagi pemirsanya yang diundi melalui web. Ini cara cerdik mengintegrasikan acara teve dengan web. Tidak mengherankan jika pengunjung web KickAndy.com ini cukup tinggi: sekitar 85 ribuan visit per hari.

Bahkan, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah buku, peserta harus mengisi data-data pribadi, termasuk no telpon dan no HP, jenis kelamin, alamat serta tanggal lahir. Anda tahu sudah berapa yang mendaftar hingga kini? 600.000 (iya, enam ratus ribu) orang. ���Dan 85% datanya sahih,��� kata Jemmy Bagota, eBusiness Manager MetroTV.

Memadukan teve dan web, berkomunikasi dengan audience lewat dua media tersebut, serta mendapatkan database penggemar, merupakan bukti nyata bahwa Andy Noya bukan berhasil di dunia teve. Ia juga mampu memperlebar brand-nya melalui Internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: