Technique Behavior Based Interview Competencies Based HRM

1.

Technique Behavior Based Interview Competencies Based HRM
Wednesday, 16-4-2008 – Thursday, 17-4-2008 (2 days)
[Training01]

1.

Effective Coaching & Counseling : Techniques to Build Trust & Synergy
Monday, 21-4-2008 – Tuesday, 22-4-2008 (2 days)
[Training02]

1.

Training Needs Analysis : Optimizing Your Training Efforts
Tuesday, 22-4-2008 – Wednesday, 23-4-2008 (2 days)
[Training03]

1.

Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) Dan Formalitas Yang Dibutuhkan
Wednesday, 23-4-2008 (1 day)
[Training04]

1.

Training Needs Identification
Wednesday, 30-4-2008 (1 day)
[Training05]

1.

Konsep Hubungan Industrial (Hukum Perburuhan) Yang Normatif
Wednesday, 30-4-2008 (1 day)
[Training06]

1.

The Role of Purchasing Management for Business Excellence
Friday, 18-4-2008 – Saturday, 19-4-2008 (2 days)
[Training07]

1.

Methods in Developing Job Evaluation
Monday, 21-4-2008 – Tuesday, 22-4-2008 (2 days)
[Training07]
Seminar Description :

[Training01]

Reminder, only 4 days left untill the last registration
Technique Behavior Based Interview Competencies Based HRM
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Wednesday, 16-04-2008 until Thursday, 17-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Harris Hotel
Jl. Dr. Sahardjo No. 91
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 3.275.000,-

Seminar/Conference Description :
Right man on the right place adalah semboyan yang telah lama kita dengar dan
masih terus di usahakan pemncapaiannya. metode pencapaian yang di lakukan
harus
benar-benar tepat agar tidak berubah menjadi "Wrong man on the right place".
Ada 3 kriteria penilaian untuk merekrut seseorang : Skill (keahlian).
Knowledge
(pengerahuan) dan personality (ketrampilan). Menurut David Mcclelland : 60%
kesuksesan seseorang dalam bekerja di tentukan oleh faktor personality.
Apakah
benar latar belakang pendidikan, indeks prestasi (IP), suku kedaerahan,
Status
sosial, Penampilan, Hobby menjamin kesuksesan seseorang dalam bekerja ?

Manfaat Training

• Memberikan wawasan menuju cara wawancara yang sukses
• Memahami aspek-aspek dalam wawancara
• Memahami teknik behaviow interview berbasis kompentensi

Who Should Attend? :
Manager/staff HRD atau pihak-pihak "User" yang terlibat dalam proses
recruitment
( seleksi karyawan )

Speaker :

1. Judi Prasetijo
Berlatar belakang Ekonomi Manajemen dan mengembangkan diri pada bidang SDM
lebih dari 10 tahun, mendapatkan beberapa sertifikasi training for trainers
dan pengembangan pribadi. Pengalaman kerja: Biro Pengembangan SDM. Sebagai
Konsultan dalam pengembangan sumber daya manusia yang telah menangani
training,
assesmen, dan seleksi untuk tujuan outsourcing. PT Dwi Putratama Sejahtera
sebagai Sales & Operation Manager. PT Bhakti Investama Goup sebagai Ass. HRD
Manager bidang Pelatihan; GA & Service Manager.Sinar Mas Group – Pulps,
Paper,
Chemicals and Stationery Division sebagai Ass. HRD Manager bidang Pelatihan
dan Ass. Training Manager; Manajer Umum. Sebagai Office Management and Public
Relations Head (Senawangi Group/Subsidiaries Humpuss Group) dan sebagai Ass,.
Manager Bidang Pelatihan dan Pengembangan Karir. Sebagai Supervisor for HRD
Department (The Modern Group). Sebagai Ass. Senior Consultant for Recruitment
& Assessment Department (PersoData, PT).
2. Dwi Septinawati, Dra., M.Psi
Alumnus Universitas Indonesia yang kemudian mengambil Magister di Bidang
Psikologi
Industri dan Organisasi ini telah memulai karirnya sebagai Asesor pada
beberapa
konsultan dan pernah menduduki posisi manajerial di perusahaan. Berpengalaman
lebih dari 12 tahun menangani bidang Evaluasi Psikologis (Rekruitmen, Seleksi
dan Asesmen) dari berbagai jenis perusahaan. Memiliki sertifikat MBTI, DISC,
Emotional Intelligence 6's Second serta tergabung dalam organisasi profesi
HIMPSI JAYA dan memiliki izin praktek psikologi. (Qualifying Number: 970987).

Outline :

• HR Function & Genaral Recruitment Process
• Competencies Beckground
• Approaches to Interviewing
• Structired Behavioor Interview
• A Behavior Interviewing System
• Selection Tools
• The Step sof Behavior Based Interviewing

• Step 1: Skill Analysis
• Step 2: Select & edit definition
• Step 3: Create a structured interview
• Step 4: Gain behavioral examples
• Step 5: Rate skill

• HPE / LPE / FEQ
• Cooding Competencies

Metode Training
Ceramah, Ecperiential learning, Diskusi, Simulasi, Interview, Video Shooting

[Training02]

Reminder, only 9 days left untill the last registration
Effective Coaching & Counseling :
Techniques to Build Trust & Synergy
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Monday, 21-04-2008 until Tuesday, 22-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Ambhara Hotel
Jl. Iskandarsyah Raya
Jakarta, INA

Fee :
Rp 2.980.000,-

Seminar/Conference Description :
Tujuan :

• Memahami tuntuntan organisasi untuk Hyperformance
• Memahami filosofi dan konsep Coaching dan Counseling untuk peningkatan
kinerja
individu dan organisasi
• Memahami proses Coaching dan Counseling dan bagaimana individu
mengoptimalkan
aktivitas belajarnya
• Memahami peran "Coach" dan Konselor
• Meningkatkan pemahaman diri sendiri sebagai dasar-dasar Coaching dan
Counseling
• Mampu mengembangkan sasaran dari pengembangan Coaching dan Counseling

Metodologi
Konsep, diskusi Kelompok, aktivitas belajar terstruktur, studi kasus, role
play dan simulasi

Who Should Attend? :
Top Manajemen, Manajer dan Praktisi HRD, Konsultan HRD, Supervisor dan
Manajer

Speaker :
Kunkun Sudaryat, Drs.
Beliau telah berpengalaman selama 21 tahun lebih sebagai praktisi Sumber
Daya
Manusia di perusahaan multi nasional. Selama kurun waktu tersebut, ia telah
berpengalaman dalam menangani proses struktur Sumber Daya Manusia,
Organization
Development, Man Power Planning, Recruitment & Selection, Staffing, Job
Analysis
dan Organizational Design, Career Planning & Development, Succession
Planning,
Performance Management serta Training & Development. Beliau juga telah
berpengalaman
dalam memberikan berbagai program diantaranya: Program Coaching Counseling,
Team Building, Behavioral Event Interview, Selection.for Result, HR
Management,
Managing Performance, Performance Management System, Competency Based
Management,
Leadership Development & Succession Planning, Time Management dll.

Outline :

1. Identifikasi kebutuhan Hyperformance

2. Mengukur Hyperformance
3. Memahami hipotesa Hyperformance

4. Memastikan proses Coaching dan Counseling dalam membantu peningkatan
Hyperformance

5. Perubahan peran Manajer dan Supervisor – Kualitas Coach dan Konselor(

6. Proses dan dinamika Coaching dan Counseling

7. Fase-fase dalam Coaching & Counseling – Pengaruhnya kepada hasil kerja

8. Kontinum Komunikasi dalam Coaching dan Counseling

9. Peran Coach dan Konselor
10. Elemen-elemen untuk hubungan yang lebih baik

11. Model G.R.O.W.

12. Paradigma dan Proses
13. Aplikasi

[Training03]

Reminder, only 10 days left untill the last registration
Training Needs Analysis : Optimizing Your Training Efforts
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Tuesday, 22-04-2008 until Wednesday, 23-04-2008
08:00 – 16:30

Venue :
Aryaduta Hotel
Jl. Prapatan 44-48
Jakarta,

Fee :
Rp 2.970.000,-

Seminar/Conference Description :
Saat ini pelatihan menjadi semakin penting peranannya dalam membangun
keunggulan
perusahaan sehingga mampu bersaing di kancah bisnis yang semakin kompetitif.

Sayangnya, suatu penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa hanya 10-20
% pelatihan yang terbukti efektif menghasilkan perubahan dan perbaikan
kinerja.
Sisanya lebih banyak tidak memberi nilai tambah berarti, atau bahkan mubazir.
Bagaimana dengan pelatihan di tempat Anda ?

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

• Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan karyawan, dan kaitannya dengan
kebutuhan
lain di organisasi
• Memilih metode yang relevan untuk digunakan dalam mengidentifikasi dan
mengumpulkan
data kebutuhan pelatihan
• Mengidentifikasi dukungan Lingkungan Kerja yang diperlukan untuk
mengoptimalkan
hasil pelatihan

Garis Besar Pelatihan

• TNA (Training Needs Analysis) dan Sumber Kebutuhan Pelatihan di Organisasi
• Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kebutuhan Organisasi
• Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kebutuhan Organisasi
• Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kompetensi
• Penetapan Standar Program Pelatihan dan Pengembangan
• Pengumpulan data dan Analisis Gap
• Memfasilitasi "Transfer of Training"

Who Should Attend? :
HR Manager, Training Manager/Staff, dan Manager Lini yang terlibat dalam
pengelolaan
pelatihan bawahannya

Speaker :
IG. Irwan ,Drs., Psi., MBA
Berlatar belakang pendidikan Psikologi dan Manajemen Bisnis, Irwan
menggeluti
area Pelatihan dan Sumber Daya Manusia selama lebih dari 15 tahun.
Spesialisasinya
adalah Penyusunan Kompetensi dan Pengelolaan Pelatihan, dimana ia merangkum
pengelolaan pelatihan yang terpadu di bawah konsep Total Training Management
(TTM). Ia senantiasa mengingatkan para praktisi bahwa Pelatihan bukan
aktivitas
yang berdiri sendiri, sehingga adalah sangat krusial untuk melibatkan dan
menjalin
kerjasama dengan para stakeholders di dalam organisasi. Bila tidak, maka
besar
kemungkinan pelatihan tidak membawa dampak positif sebagaimana diharapkan.

Outline :
Hari I:

• 08.00 – Pendaftaran
• 08.30 – Intro : Apa dan Mengapa TNA
Sumber Kebutuhan Pelatihan di organisasi
• 10.00 – Rehat Kopi
• 10.30 Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kebutuhan Organisasi
(Aplikasi
"Performance Relationship Map")
• 12.00 – Makan Siang
• 13.00 Pengumpulan data untuk identifikasi Gap: dari Document Review sampai
Survey, Wawancara dan Observasi/Tes
• 14.30 – Rehat Kopi
• 15.00 Analisis Pengumpulan Data : mengidentifikasi Solusi Pelatihan dan Non
Pelatihan
• 16.30 – Akhir hari I

Hari II

• 08.00 – Review hari pertama
Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Jabatan dan Individual :
pendekatan
Kompetensi
• 10.00 – Rehat Kopi
• 10.30 Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kompetensi (lanjutan) :
case
exercise
• 12.00 – Makan Siang
• 13.00 Identifikasi Kebutuhan Pelatihan berbasis Kompetensi Kerangka
Identifikasi
& Pengembangan
• 14.30 – Rehat Kopi
• 15.00 Memfasilitasi Transfer of Training ke Situasi Kerja sehari-hari :
memperoleh
dukungan dari Lingkungan Kerja
• 16.30 – Evaluasi & Penutup

[Training04]

Reminder, only 11 days left untill the last registration
Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) Dan Formalitas Yang Dibutuhkan
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Wednesday, 23-04-2008
09:00 – 17:00

Venue :
Park Lane Hotel
Jl. Casablanca Kav. 18
Jakarta,

Fee :
Rp 1.500.000,-

Seminar/Conference Description :
Dalam era globalisasi yang terjadi di Indonesia ini, kita tidak dapat
menghindari
adanya Tenaga Kerja Asing. Tenaga Kerja Asing merupakan factor kunci dalam
perusahaan yang bermodalkan asing (Multi National Company / MNC). Banyak
sekali
kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam kepengurusannya. Seringkali terjadi
kesalahpahaman dalam waktu mengurusi Tenaga Kerja Asing tersebut.

Workshop ini didesign untuk mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang terjadi
di perusahaan asing, sehingga dapat diantisipasi kesulitan yang terjadi.
Menyongsong
arus globalisasi di Indonesia, Praktisi HRD perlu mempersiapkan dan membekali
diri dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut, untuk menghindari
kesalahpahaman
dalam mengurus Tenaga Kerja Asing di Indonesia.

Tujuan

• Memberikan pemahaman yang konseptual dan aplikatif kepada para praktisi HR
sehingga mampu menyususn RPTKA sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
• Mengerti dan mampu menangani semua formalitas Tenaga Kerja Asing yang
dituntut
berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Who Should Attend? :
Praktisi HRD, General Affair, Corporate Legal maupun peminat bidang tenaga
kerja asing

Speaker :

1. Haryo Sasongko
Direktur Dokumen Perjalanan Visa & Keimigrasian, Direktorat Jenderal
Imigrasi
2. Firdaus Badrun, SH., Msi
Direktur Penggunaan Tenaga Kerja Asing, Depnakertrans

Outline :

1. Prosedur Permohonan Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja

2. Filosofi Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia
3. Prinsip-prinsip Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia
4. Penggunaan Tenaga Kerja Asing dan Kategori Jabatan (negative/positive
list)
5. Rencana Proses Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA)
6. Ijin Mempergunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA)
7. Kewajiban Sponsor yang memperkerjakan Tenaga Kerja Asing
8. Bagan Proses Permohonan IKTA Baru dan Perpanjangan

• Perijinan Keimigrasian dalam Penggunaan Tenaga Kerja Asing

1. Dasar Hukum
2. Berbagai jenis Visa dan Jangka Waktunya :

3. Visa Diplomatik
4. Visa Dinas
5. Visa Singgah
6. Visa Kunjungan (Jenis-jenis Visa Kunjungan)
7. Visa Tinggal Terbatas

8. Persyaratan dalam Pengajuan Visa
9. Pemberian Ijin Tinggal Terbatas dan Perpanjangannya (KITAS)
10. Exit Re-Entry Permit

[Training05]

Reminder, only 18 days left untill the last registration
Training Needs Identification

Date :
Wednesday, 30-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Aston Atrium Hotel
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 1.000.000,-

Seminar/Conference Description :
Identifikasi kebutuhan pelatihan merupakan langkah pertama dari siklus
penyusunan
program pelatihan. Langkah ini juga sekaligus sangat penting karena salah
dalam
melakukan kegiatan ini mengakibatkan berbagai kegiatan berikutnya menjadi
salah
yang pada akhirnya pelatihan tidak memberikan hasil apa-apa bagi organisasi.

Hal ini sepenuhnya sangat disadari, namun sangat sedikit karyawan, khususnya
bagian SDM, yang mengetahui bagaimana cara melakukan langkah ini. Tidak heran
mengapa banyak pimpinan perusahaan mempertanyaan minimnya hasil pelatihan
yang
telah dilaksanakan yang selama ini.

Pelatihan satu hari ini akan menjawab pertanyaan 'Bagaimana melakukan
analisis
kebutuhan pelatihan?'. Bila pertanyaan ini telah dijawab, maka 50%
keberhasilan
dari program pelatihan telah tercapai.

Berbagai manfaat lain dengan mengikuti pelatihan ini, diantaranya peserta:

• Mengetahui bagaimana kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
• Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
• Mengetahui berbagai level kebutuhan pelatihan
• Mengetahui berbagai cara melakukan identifikasi kebutuhan pada tiap-tiap
level
• Mampu menyusun berbagai metode melakukan identifikasi pelatihan
• Mengetahui kaitan antara hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dengan
penyusunan
sasaran serta evaluasi hasil pelatihan.

Who Should Attend? :

• Manajer, Supervisor dan Staf bagian Pendidikan dan Pelatihan
• Para manajer dari fungsi lain
• Para trainiers

Speaker :
Sahala P. Sinurat
Sahala P. Sinurat, MSc . Is a management consultant specializing in training
programs designed to increase managerial effectiveness, specifically, program
relating to supervisory management and performance management. Mr. Sinurat
obtained his master degree in Operations Research from University of
Delaware,
Newark, US. His working experience includes:

• Professional Staff to Lembaga PPM
• Training and Development Manager for Rothmans of Pall Mall Indonesia
• Training and Development Manager for the British American Tobacco
Indonesia
(BAT).

Mr. Sinurat has led more than 200 training programs. His clients list
includes
PT Surveyor Indonesia, PT Coca Cola Indonesia, PT DaimlerChrysler, PT Telkom,
PT Sanyo Electronics Indonesia, PT Capsugel Indonesia, PT Jasa Marga, PT
Pelindo
II, PT BASF, PT Advanced Interconnect Industries, PT Amarta Karya, PT Philip
Morris Indonesia, PT BAT Indonesia, PT Rothmans of Pall Mall Indonesia, Etc.

Outline :

1. Pendahuluan

2. Sasaran Pelatihan
3. Harapan Peserta
4. Kerangka Berpikir Penyusunan Program Pelatihan
5. Hasil Akhir Identifikasi Kebutuhan Pelatihan.

6. Tiga Level Analisis

7. Analisis Level Organisasi
8. Analisis Level Pekerjaan
9. Analisis Level Individu

10. Analisis Level Organisasi

11. Definisi Level Organisasi
12. Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Organisasi

13. Analisis Level Pekerjaan

14. Definisi Level Pekerjaan
15. Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Pekerjaan

16. Analisis Level Individu

17. Definisi Level Individu
18. Metode Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Level Individu.

19. Penutupan

[Training06]

Reminder, only 18 days left untill the last registration
Konsep Hubungan Industrial (Hukum Perburuhan) Yang Normatif
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Wednesday, 30-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Bumi Karsa Hotel
Komplek Bidakara
Jl. Gatot Subroto
Jakarta, INA

Fee :
Rp 1.750.000,-

Special Price Rp. 3.000.000,- / 2 orang

Seminar/Conference Description :
Pemahaman aspek regulasi terkait pelaksanaan hubungan ketenagakerjaan di
Indonesia
harus diakui masih jauh dari harapan. Dari tiga pelaku utama dalam hubungan
industrial yaitu pekerja, pengusaha dan pemerintah, ternyata bukan hanya dari
kalangan pekerja yang banyak belum memahami masalah aturan-aturan atau
ketentuan-ketentuan
dalam hubungan ketenagakerjaan. Dari kalangan pengusaha juga banyak yang
belum
memahami hal tersebut dan ironisnya dari unsur pemerintah khususnya pejabat
di Depnakertrans ada yang kesulitan dalam menjelaskan aspek regulasi
ketenagakerjaan
seperti UU No. 3 tahun 1992, UU No. 21 tahun 2000, UU No. 13 tahun 2003, UU
No. 2 tahun 2004 atau turunannya (Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri,
dll). Sosialisasi yang relatif minim dan kesadaran untuk memahami yang masih
rendah sering dijadikan kambing hitam atas kondisi tersebut.

Atas dasar itu, maka kami menyelenggarakan pelatihan Konsep Hubungan
Industrial
ini dengan harapan mampu menjadi salah satu sarana bagi para pelaku bisnis
untuk memahami bagaimana ketentuan ketenagakerjaan yang normatif diatur.
Melalui
pelatihan ini para peserta selain akan dapat memahami konsep hubungan
industrial
melalui metode tutorial dan diskusi juga akan dibekali dengan CD kumpulan
regulasi
ketenagakerjaan sebagai bahan referensi.

Who Should Attend? :
Praktisi HRD pemula, Pengurus Serikat Pekerja, pemerhati hukum
ketenagakerjaan,
dll

Speaker :

1. Mohammad Mustaqim SE, MM, AAAIJ
Beliau adalah salah satu pendiri PT. Indo Human Resource yang saat ini aktif
sebagai konsultan Sumber Daya Manusia selain juga aktif sebagai staf pengajar
di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia baik program D3 maupun
S1 Reguler & Ekstensi. Beliau berpengalaman sebagai praktisi di bidang
penanganan
SDM pada dua buah perusahaan multinasional dari Eropa selama periode tahun
2000-2005. Untuk jenjang pendidikan, beliau menyelesaikan program Sarjana
Ekonomi
dan program Magister Manajemen-nya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Beberapa proyek yang pernah ditangani beliau antara lain: Penyusunan
framework
training penunjang kompetensi pada PT. PLN Persero (Pusat), Studi kelayakan
program asuransi pendidikan bagi anak PNS (Proyek Menteri Pendayagunaan
Aparatur
Negara), Pengembangan Job Evaluation & Salary System pada PT. Asuransi Heksa
Eka Life, Narasumber pelatihan Job Evaluation bagi pejabat Depnakertrans
Pusat,
Narasumber program pendidikan Asosiasi Broker Asurans
2. F.X. Djoko Soedibjo, Ir, MM, MBA
Beliau adalah seorang Senior Management Consultant pada F X Djoko Soedibjo
& Associates sejak tahun 2001. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Human
Resources Director/Consultant HSBC (periode 1996 -2000), mantan Human
Resources
and General Affairs Director Indomobil Group dan Indomobil Suzuki
International
(periode 1991 – 1995), mantan Personnel & Administration and General Affairs
Division Manager di PT. Cold Rolling Mill Indonesia Utama (periode
1986-1991),
dan juga pernah menjabat sebagai mantan Direktur Putra Kalimantan Group
selama
2 tahun.

Outline :
Sesi 1

1. Pengantar Hubungan Industrial

2. Fungsi-fungsi Manajemen SDM
3. Definisi, Tujuan dan Ruang Lingkup Hubungan Industrial

4. Norma Dalam Hubungan Industrial

5. Makro Minimal
6. Mikro Kondisional

7. PP, KKB dan Perjanjian Kerja

8. Kewajiban membuat Peraturan Perusahaan
9. Perbedaan PP dan KKB
10. Mekanisme Menyusun PP / KKB
11. Format Standar PP, KKB dan Perjanjian Kerja

Sesi 2

1. Serikat Pekerja & Komposisinya

2. Pengertian Pekerja dan Serikat Pekerja
3. Cara pendirian Serikat Pekerja
4. Fungsi dan Peranan Serikat Pekerja

5. Pemogokan & Lock Out

6. Syarat Pemogokan yang sah
7. Syarat Lock Out yang sah
8. Konsekwensi Pelanggaran

9. Status Hubungan Kerja

10. KKWT
11. KKWTT
12. Harian/Lepas
13. Outsourcing

Sesi 3

1. Ketentuan Jam Kerja & Lembur

2. Batasan jam kerja normal
3. Definisi Lembur
4. Cara Menghitung Upah Lembur

5. Ketentuan Libur & Cuti

6. Definisi Libur Mingguan
7. Hak Cuti Tahunan
8. Hak Cuti Khusus
9. Hak Cuti Panjang

10. Ketentuan Pengupahan

11. Definisi Upah
12. Komponen Tunjangan Tetap & Tidak Tetap
13. Tunjangan Hari Raya
14. Ketentuan Penggolongan Jabatan
15. Kebutuhan Hidup Layak (KHL) & Upah Minimum Propinsi
16. Konsekwensi Upah Sundulan

Sesi 4

1. Perselisihan Hubungan Industrial

2. Definisi dan jenis-jenis Perselisihan Hubungan Industrial
3. Peran Lembaga Kerjasama Bipartit & Tripartit
4. Peran Mediator, Konsiliator & Arbiter
5. Mekanisme penyelesaian kasus Perselisihan Hubungan Industrial

6. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

7. Pengertian PHK
8. Jenis-Jenis Berakhirnya Hubungan Kerja
9. PHK yang Dilarang
10. Upaya-upaya mencegah PHK
11. Konsekuensi Finansial tindakan PHK :

12. Uang Pesangon
13. Uang Penghargaan Masa Kerja,
14. Uang Penggantian Hak
15. Uang Pisah

[Training07]

Reminder, only 6 days left untill the last registration
The Role of Purchasing Management for Business Excellence

Date :
Friday, 18-04-2008 until Saturday, 19-04-2008
09:00 – 17:00

Venue :
Kartika Chandra Hotel
Jl. Gatot Subroto No. 18-20
Jakarta, INA

Fee :
Rp 2.950.000,-

• Rp 2.250.000,- (Registration 3 person/more ; Payment before April 11th,
2008)
• Rp 2.450.000,- (Registration before April 4th; Payment before April 11th,
2008)

Seminar/Conference Description :
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini keunggulan suatu organisasi
ditentukan
oleh Supply Chain Management (SCM)nya. Purchasing atau pengadaan adalah
bagian
dari SCM yang harus dikelola secara tepat agar tercapai kinerja yang optimum
dan memaksimalkan kontribusi kepada perusahaan

Workshop ini bertujuan mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai apa yang
dapat dilakukan melalui Purchasing dan bagaimana sebuah proses Purchasing
dapat
memberikan nilai tambah kepada perusahaan.

Metode
Kombinasi antara kuliah singkat, studi kasus dan permainan interaktif.
Materi
akan dibawakan dalam bahasa Indonesia

Who Should Attend? :
Profesional yang tertarik dan terlibat langsung dalam kegiatan Purchasing,
mulai dari staf sampai tingkat Supervisor

Speaker :

1. Aryanto Parwoto, Ir. MM
Aryanto memiliki berbagai pengalaman, keahlian maupun pencapaian-pencapaian
dalam beberapa area seperti, Purchasing, Logistics, Export-Import, Business
Process Improvement (Black Belt Six Sigma), dan Marketing Services. Saat ini
Aryanto adalah Purchasing Manager of PT Perfetti Van Melle Indonesia,
perusahaan
manufaktur manisan yang terbesar di Indonesia dengan 1500 karyawan dan sudah
disertifikasi ISO 9002. Selama sembilan tahun berpengalaman di bisnis dan
Supply
Chain Management, Aryanto berhasil melampaui target penghematan dan
mengaplikasikan
lean activity-internal control pada proses SCM perusahaan. Pengalaman bekerja
sebelumnya adalah dengan PT Toyota Astra Motor, PT. Delphi Automotive Systems
Indonesia dan PT. Bentoel Prima sebagai Logistics & Support Manager. Aryanto
mendapatkan Magister Management (MM) dalam ilmu Marketing dari Program Pasca
Sarjana Universitas Indonesia (S2).
2. Respati Kunto Margono, CSCP
Kunto Margono adalah seorang Contract Manufacturing Manager, lulusan dari
ITB Bandung. Ia telah menjalani berbagai fungsi dan peran yang memperkaya
pengalaman
profesionalnya. Ia adalah satu-satunya CSCP holder dari Indonesia, Seorang
supply chain professional bersertifikasi dari APICS. Dalam 17 tahun
pengalamannya
diantaranya project engineering, production, planning, logistics,
distribution,
purchasing, dan IT dalam perusahaan lokal dan multinational. Di perusahaannya
kini di Fonterra Brands Indonesia , ia memegang peran dan tanggungjawab dalam
Manufacturing and procurement untuk materials and services.

Outline :

1. Purchasing as a function / Fungsi Purchasing

2. Organization functions
3. Purchasing on the organization
4. Purchasing as a function
5. Purchasing vs. Procurement

6. Purchasing as a process / Purchasing sebagai suatu proses

7. Purchasing as a process
8. Purchasing Role & Responsibility
9. Purchasing objective, types & principles
10. Purchasing methods, process & control

[Training08]

Reminder, only 9 days left untill the last registration
Methods in Developing Job Evaluation
(Training ini sudah pasti akan dijalankan)

Date :
Monday, 21-04-2008 until Tuesday, 22-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Kartika Chandra Hotel
Jl. Gatot Subroto No. 18-20
Jakarta, INA

Fee :
Rp 3.500.000,-

Seminar/Conference Description :
Free CD berisi: Materi training (slides presentation) dalam bentuk pdf.
Merumuskan jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam
pengembangan
organisasi di suatu Perusahaan. Apa makna jabatan bagi suatu perusahaan perlu
ditentukan. Apakah terkait dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang
dibutuhkan untuk dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan, atau
lainnya. Filosofi yang ada di belakang formulasi jabatan di satu Perusahaan
akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan. Serta
manfaat dan link apa yang bisa didapat dari perumusan jabatan dengan sistem2
SDM lainnya.

Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan
kaitannya
dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisa
Jabatan,
yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.

Workshop akan membantu peserta untuk menentukan aktivitas yang memberikan
nilai
tambah yang utama (key value adding activities) untuk mendapatkan lingkup
jabatan
dan key result area dari suatu jabatan. Dengan menemukan elemen-elemen
jabatan
yang penting tersebut maka partisipan akan dapat mengembangkan proses
evaluasi
jabatan yang memenuhi asas internal equity.

Workshop juga akan menyinggung perbandingan berbagai metode pembobotan
jabatan
(job evaluation) yang sering digunakan saat ini di di Indonesia, serta
efektivitasnya
untuk berbagai tipe dan jenis Perusahaan. Pada akhirnya workshop juga akan
memberikan overview suatu metode job evaluation yang kemudian dapat
diaplikasikan
partisipan di Perusahaannya.

Speaker :
Pungki Purnadi
Pungki Purnadi is HR practitioner, holds a master degree in Petroleum
Engineering
from Trisakti University Jakarta (Indonesia) and Master Management from IPPM
Jakarta. He had more than 15 years experiences with oil & gas companies such
as PT EXSPAN NUSANTARA, TOTALFINAELF E&P Indonesie and some years with
international
management consultant, handling some HR matter in tobaccos, pulp & paper and
cement industries. Now, he is the Chairman of Training & Development
Organization
within Indonesian Oil & Gas Industry (KKSD). As HR practitioner, he is very
active to run and facilitating several HR programs.

Outline :

1. Konsep dari sebuah Jabatan
2. Bagaimana mengembangkan konsep jabatan yang fleksibel mengikuti
perkembangan
organisasi
3. Me link arah strategis Perusahaan, disain organisasi dan pendefinisian
jabatan
4. Prinsip dan metode dalam Analisa Jabatan
5. Me-link antara Analisa Jabatan dengan Manajemen Kompetensi
6. Format job description yang optimal
7. Evaluasi Jabatan: Information – Judgement – Elemen size jabatan
8. Metode wawancara dalam proses job evaluation
9. Trick untuk menutupi kurangnya informasi jabatan dalam proses job
evaluation
10. Tahapan pembuatan struktur jabatan/job grading dan salary structure
11. Beberapa isue penting mengenai external equity: bagaimana bila metode job
eva kita berbeda dengan industri
12. Perbandingan berbagai metode Evaluasi Jabatan yang banyak digunaan di
berbagai
industri
13. Overview metode evaluasi jabatan yang bisa langsung digunakan
partisipan.

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi
Sdr. Randy, Sdr. Agus, Sdri. Tety atau Sdri. Yanthi di
T. (021) 719 1612 (Hunting)/ 719 9555 (Hunting)
F. (021) 719 9552

Untuk informasi seminar & training lainnya kunjungi :www.6221.net

Jika Anda tidak ingin menerima buletin edisi mendatang, klik di sini untuk
unsubscribe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: