High Leap Consulting Workshop

Corporate Culture Activation Workshop

Rabu – Kamis, 16-17 April 2008 jam 09.00 – 17.00 wib

Hotel J.W. Marriott, Jl. Lingkar Mega Kuningan – Jakarta

Prawacana

Riset yang dilakukan para pakar manajemen, seperti John Kotter, JL
Heskett, Cameron
dan Quinn menunjukkan kegagalan inisiatif-inisiatif perubahan di banyak
perusahaan
(seperti Restrukturisasi, TQM, Downsizing, dsb) terutama disebabkan
kegagalan dalam
mengelola budaya perusahaan / mengabaikan Corporate Culture. Pada sisi lain
perusahaan-perusahaan berumur lebih dari seratus tahun macam General
Electric,
Coca-Cola, P & G, Nokia dan American Express tetap unggul di kelasnya
hingga saat
ini. Disusul kemudian perusahaan yang baru berumur puluhan tahun, bahkan
seumuran
jagung seperti Toyota, Wal Mart, Microsoft, Google langsung menguasai
pasar dengan
kapitalisasi asset yang luar biasa. Perusahaan demikian ini menjadi unggul
lantaran kuatnya budaya dari perusahaan bersangkutan.

Pada sisi lain, penemuan para ahli manajemen dan perilaku organisasi
menunjukkan
fakta-fakta yang tidak terbantahkan perihal budaya perusahaan, bahwa :

a) Budaya perusahaan dapat mempunyai dampak yang signifikan pada
prestasi
kerja ekonomi perusahaan dalam jangka panjang

b) Budaya perusahaan bahkan mungkin merupakan faktor yang lebih
penting dalam
menentukan kesuksesan atau kegagalan perusahaan dalam dekade mendatang

c) Banyak ditemukan budaya perusahaan yang lemah dan tidak sehat;
dan budaya
tersebut berkembang dengan mudah, bahkan dalam organisasi yang penuh
dengan orang
yang bijaksana dan pandai sekalipun

d) Walaupun lebih sulit untuk diubah, budaya perusahaan dapat
dikelola untuk
lebih meningkatkan prestasi

Workshop ini membahas bagaimana merumuskan, membangun dan mengukur budaya
organisasi
untuk mendongkrak kinerja organisasi.

Agenda

Selama dua hari workshop ini, akan menjawab tuntas perihal budaya
perusahaan dalam
kaitannya dengan kinerja perusahaan beserta perkakas (tools) yang akan
digunakan,
yaitu:

1.. Bagaimana mengetahui kekuatan serta kesehatan dari budaya perusahaan
yang ada
sekarang ini?
2.. Bagaimana menyelaraskan budaya perusahaan dengan visi, misi dan
nilai-nilai
organisasi sehingga dicapai strategi efektif dan efisien?
3.. Perkakas apa saja yang perlu digunakan untuk mengukur budaya
perusahaan?
4.. Bagaimana membentuk budaya perusahaan yang mudah disosialisasikan dan
diimplementasikan pada organisasi?
5.. Apa saja model-model pengembangan budaya perusahaan paling
kontemporer yang
sesuai dengan perubahan lingkungan internal dan eksternal?

Pokok Bahasan

(1) mengukur kekuatan dan kesehatan budaya organisasi yang ada

(2) merumuskan budaya yang dikehendaki berbasis visi dan misi organisasi

(3) menganalisis jurang budaya

(4) membangun cultural-based competency model

(5) menyusun inisiatif perubahan budaya organisasi

(6) mengukur corporate culture index

Tools:

1- Organizational Culture Assessment Instrument

2- Healthy-Toxic Culture Questionnaire

3- Competency Model Validation: Structural Equation Approach

4- Corporate Culture Index Measurement

Catatan:

Peserta membawa Key Performance Indicators

Investasi Program

Rp 3.500.000,- per orang;

Corporate price

Rp 11.000.000 untuk 4 peserta

Pendaftaran dan LUNAS sebelum 2 April diskon Rp 500.000,-

Fasilitator

Herry Tjahjono

20 th lebih berkecimpung sebagai Corporate Culture Therapist dan pembicara
untuk
perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN. Corporate HR Director Agung Sedayu
Group.
Aktif sebagai penulis di harian Kompas, Media Indonesia, majalah SWA,
Matra, dll.
Telah menulis lima buku kepemimpinan dan life management. Media menyebutnya
Budayawan Human Resources. Buku terakhirnya “Becoming XO Employee”

Bambang A Mulyadi

Lama berkarir di Schlumberger Afrika, Paris dan Inggris. Posisi terakhir
adalah di
Polysindo Eka Perkasa, Tbk (Corporate, Jakarta) sebagai senior GM HRD.
Sebagai
pembelajar Corporate Culture, Bambang A Mulyadi banyak diminta beberapa
perusahaan
pada beberapa industri untuk membantu pembentukan budaya perusahaan yang
kuat dan
sehat. Bidang keahliannya adalah: organization design & development,
organizational
culture assessment & change management, performance management, succession
& talent
development and HR information system. Selain memberikan konsultasi dan
pelatihan,
Bambang A Mulyadi juga membagikan ilmunya pada beberapa universitas, a.l.:
Universitas Diponegoro, Universitas Soegijopranoto, Universitas Semarang.

—————————————————————————————————

High Leap Consulting Workshop

Leadership for Line Manager

Rabu – Kamis, 09 – 10 April 2008 , Jam 08.00 – 17.00, Hotel Ibis Slipi
Jakarta

Prawacana

Bagi para supervisor, manager baru maupun manager dengan tugas-tugas baru,
tidak
dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam
mengelola
tim dan pekerjaannya. Para first time manager ini dihadapkan pada realitas
baru
dimana mereka tidak hanya mengelola pekerjaan yang sifatnya tehnikal saja,
namun
juga melebar pada mempertajam konseptual dan kecakapan dalam mengelola
hubungan
manusia. Apalagi bagi mereka yang langsung memiliki anak buah.

Tujuan Workshop

Selama dua hari, workshop ini akan menjawab tuntas perihal kepemimpinan yang
dihadapi para First Time Manager:

1. Apa yang harus para First Time Manager lakukan agar
kepemimpinannya
efektif dan produktif?

2. Apakah rahasia utama para pemimpin sehingga orang-orang
bersedia dipimpin?

3. Bagaimana cara sukses dalam memimpin diri sendiri, orang lain
dan tim?

4. Bagaimana memberdayakan anak buah sehingga anak buah mampu
menjalankan
semua tanggung jawabnya?

5. Bagaimana membentuk tim yang solid?

Materi Pokok Workshop

Secara keseluruhan materi workshop terdiri dari delapan modul seperti
berikut:

1. Esensi pokok kepemimpinan: Mengapa saya menjadi pemimpin?

a. Efektivitas kepemimpinan

b. Trilogi kepemimpinan: yourself, others, us

c. Refleksi mengapa saya menjadi pemimpin

2. Empat peran pokok pemimpin

a. Sebagai penentu arah

b. Menjadi juru bicara organisasi

c. Sebagai motivator dan pelatih tim

d. Menjadi agen perubahan

3. The Extraordinary Way (XO Way): 3 ‘raksasa’ untuk menjadi
pribadi unggul

a. Raksasa harapan (giant hope)

b. Raksasa cara pandang (giant paradigm)

c. Raksasa tujuan (giant goal)

4. The Extraordinary Way (XO Way): 6 cara menjadi pribadi unggul

a. Tehnik doolitle dan Tehnik baby’s peak

b. Tehnik kyue W – H dan Tehnik tabularasa

c. Tehnik landak dan Tehnik gulliver

5. Membangun motivasi superior pada diri sendiri dan anak buah

a. Apa yang diinginkan karyawan?

b. Cirikhas pemimpin yang termotivasi

c. Meningkatkan kinerja: memotivasi dengan pujian dan
pendelegasian

6. Membentuk kerjasama tim yang solid berbasis pada rasa saling
percaya

a. Tiga macam tim: aligned, unaligned dan chaotic tim

b. Mengaudit kesatuan kelompok di perusahaan

c. Peran pemimpin dalam membentuk tim

7. Membangun komunikasi yang tepat sasaran dan produktif

a. Konteks komunikasi

b. Tiga cara berkomunikasi: penglihatan, pendengaran dan perasaan

c. Pemimpin sebagai komunikator organisasi

8. Rencana masa depan kepemimpinan

a. Menetapkan sasaran kepemimpinan

Fasilitator

Herry Tjahjono

20 th lebih berkecimpung sebagai Corporate Culture Therapist dan pembicara
untuk
perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN. Corporate HR Director Agung Sedayu
Group.
Aktif sebagai penulis di harian Kompas, Media Indonesia, majalah SWA,
Matra, dll.
Telah menulis lima buku kepemimpinan dan life management. Media menyebutnya
Budayawan Human Resources. Buku terakhirnya “Becoming XO Employee”

A.M. Lilik Agung

Instruktur bagi banyak perusahaan, antara lain: Adhi Karya, Bank Mandiri,
Bank NISP,
B Braun Indonesia, Charoen Pockphand, Djarum Kudus, Guiness Indonesia,
Intraco
(Indomaret) Group, Djarum Kudus, Mandom, Sanghiang Perkasa (Kalbe Group), RS
International Bintaro, WOM Finance, Sara Lee. Banyak menulis ulasan bisnis
pada
berbagai media massa. Telah menulis 5 buku, buku terakhirnya “Human Capital
Competencies

Pelaksanaan

Rabu – Kamis, 09 – 10 April 2008 , Jam 08.00 – 17.00, Hotel Ibis Slipi
Jakarta

Investasi

Rp 2.250.000 / peserta

Discount Rp 500.000 / peserta

jika peserta 3 orang / lebih dari perusahaan yang sama

(Setiap peserta mendapat 2 buku karangan fasilitator)

Hubungi

HIGH LEAP CONSULTING

Hendri / Dina

021- 5380577 / 5793-1735 / 70882722

http://www.highleap.net; info@highleap.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: