——————————————————————————–
Managing & Handling Corporate Industrial RelationSharpening Your Skill, Ability & Intuition to Build, Deliver & Maintain CorporateHuman Resources
Hotel Santika, Surabaya, 4-5 April 2008
——————————————————————————–
Hanya untuk praktisi HRD (Industrial Relation) dengan masa pengalaman kerja diatas 3tahun !!!
——————————————————————————–
Latar BelakangPembaharuan peraturan-peraturan pemerintah mengenai ketenagakerjaan dari waktu kewaktu merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus menyempurnakan aturan-aturannormatif ketenagekerjaan untuk dapat memenuhi rasa keadilan bagi duniaketenagakerjaan yang didalamnya terdapat pihak pengusaha dan buruh (pekerja).Ketentuan-ketentuan ketenagakerjaan yang dikeluarkan pemerintah bertujuan untukmengatur kehidupan ketenagakerjaan di Indonesia, akan tetapi pemerintah pula seringmengeluarkan kebijakan aturan normatif yang tidak jelas dan tidak mengatur secaramendetil aturan-aturan tersebut sehingga menimbulkan banyak makna penafsiran olehpihak pengusaha, hal ini tentu akan banyak menimbulkan konflik antara pengusaha dantenaga kerja.Perkembangan Hubungan Industrial dewasa ini ditandai oleh adanya perubahan yangsangat signifikan sebagai dampak globalisasi dan reformasi antara lain meliputikebebasan berserikat, pelaksanaan HAM, supremasi hukum, otonom daerah sebagai hasilperubahan sistem pemerintahan, penerapan standar ketenagakerjaan internasional,infra struktur dan iklim investasi. Fenomena perubahan ini harus dipahami oleh semuapihak yang berinteraksi dalam hubungan industrial karena perubahan-perubahan yangterjadi pada akhirnya harus diikuti dengan perubahan perilaku dan sikap yang tepatkarena menyangkut banyak aspek seperti sosial, budaya, ekonomi, politik dan upayapeningkatan kesejahteraan.Menghadapi kenyataan ini, para praktisi dituntut untuk lebih sinergis dan cepatberadaptasi dengan kondisi nasional dan lingkungan dengan mengacu pada peraturanperundang-undangan yang berlaku. Untuk mencapai peningkatan produktivitasperusahaan, perlu adanya ketenangan kerja bagi pekerja/buruh serta ketenangan usahabagi pengusaha. Hal ini dirasakan bahwa dengan menguasai peraturan ketenagakerjaansecara lengkap, para praktisi SDM diharapkan dapat menerapkannya secara tepatsehingga terjaga keseimbangan pelaksanaan hak dan kewajiban perusahaan maupunpekerja/buruh, serta terlaksananya kebijakan pemerintah yang terkait dengan baik.Dalam rangka menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, adil danbermartabat sebagai persyaratan pemenuhan kewajiban perusahaan terhadap pemangkukepentingan, maka perusahaan dituntut untuk menerapkan prinsip-prinsip pengelolaanperusahaan yang baik (good corporate governance) di bidang hubungan kerja denganmengikutsertakan pekerja dalam menentukan kebijakan perusahaan.OutlinePenguasaan Peraturan Ketenagakerjaan, Implementasi Peraturan Ketenagakerjaan danPembahasan Kasus Ketenagakerjaan

1. PENGANTARHukum Ketenagakerjaan Dalam Tataran Hukum di Indonesia; Yudicial Review dan PutusanMahkamah Konstitusi Atas UU No. 13/2003; Pandangan Akademisi Terhadap UUKetenagakerjaan; Dampak Otonomi Daerah Terhadap Hukum Ketenagakerjaan; Aspek HukumPerdata/Hukum Administrasi/Hukum Pidana Dalam Hukum Ketenagakerjaan.

2. HUBUNGAN KERJA DAN PERJANJIAN KERJA (PK/PKWT/PKWTT/ Pemagangan)Ketentuan-ketentuan yang Harus Dipedomani Dalam Pembuatan Perjanjian Kerja danSanksi Atas Pelanggarannya; Materi Perjanjian Kerja; Penyusunan Kerangka,Pasal-pasal Wajib, Pasal-pasal Khusus/Spesifik Perjanjian Kerja; Sanksi AtasPelanggarannya, Pembahasan Kasus-kasus dan Antisipasi Penyelesaian; dll.

3. OUTSOURCING Landasan Hukum Outsourcing; Outsourcing Pekerja dan Outsourcing Jasa Pekerja; ProsesKeputusan Kebijakan Outsourcing; Pemanfaatan Service Level Agreement DalamPerjanjian Outsourcing; Tehnis Merancang Kontrak; Penyusunan Kerangka, Redaksionaldan Pasal-Pasal Pokok Kontrak Pemborongan Pekerjaan/ Penyediaan Jasa Pekerja;Kasus-kasus Outsourcing dan Antisipasi Mengatasi/Penyelesaiannya.

4. PENGGUNAAN TKA Penggunaan TKA; Kewajiban Adanya RPTKA; IKTA; IMTA.

5. PERLINDUNGAN CACAT, PERLINDUNGAN ANAK DAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN Kewajiban Perusahaan Terhadap Penyandang Cacat/Pekerja Penyandang Cacat; LaranganMempekerjakan Anak, Syarat Mempekerjakan Anak; Larangan Mempekerjakan Perempuan PadaKondisi Tertentu; Syarat Mempekerjakan Perempuan Pada Kondisi Tertentu; Larangan PHKTerhadap Pekerja Perempuan Pada Kondisi Tertentu; Sanksi-sanksi Atas Pelanggarannya;dll.

6. WAKTU KERJA Pengaturan Waktu Kerja/Waktu Istirahat/Kerja Lembur/Kerja Shift; Waktu Kerja/WaktuIstirahat Pada Daerah Tertentu; Waktu Kerja/Istirahat Untuk Pekerjaan Yang SifatnyaTerus Menerus; Istirahat Panjang Pada Perusahaan Tertentu; Cuti Bersama; Sanksi AtasPelanggarannya; dll.

7. KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Kewajiban Perusahaan dan Pekerja dalam K3; Sanksi Atas Pelanggarannya; dll.

8. PENGUPAHAN Upah Minimum/Proses Penangguhan Upah Minimum; Struktur Skala Upah; Asas “No Work NoPay”/Pengecualiannya; Upah Pokok/Tunjangan Tetap/ Tujangan Tidak Tetap; PemgenaanDenda Terhadap Pekerja/Perusahaan; Larangan Diskriminasi Upah; THR; Sanksi AtasPelanggarannya; dll

9. JAMINAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN Dasar Hukum, Hak dan Kewajiban Pengusaha/Pekerja; Dana Pensiun/Asuransi; Sanksi AtasPelanggarannya; dll.

10. SERIKAT PEKERJA, ORGANISASI PENGUSAHA, INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION (ILO),LKS BIPARTIT, LKS TRIPARTIT Hak Pekerja Membentuk/Menjadi Anggota SP; Sanksi Atas Pelanggarannya; Hak danKewajiban SP; Multi SP; Tatacara Pencatatan SP; Keterwakilan SP Dalam KelembagaanHI; dll; Hak Pengusaha Membentuk/Menjadi Anggota Organisasi Pengusaha; KewajibanMembentuk LKS Bipartit; Sanksi Atas Pelanggarannya; Fungsi dan Keanggotaan LKSTripartit.

11. PERATURAN PERUSAHAAN/PP DAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA/PKB Dasar Hukum Kewajiban Penyusunan PP/PKB; Materi Yang Diwajibakan UU; Rambu-rambuPenyusunan; Syarat Pembuatan; Rambu-rambu; Penyusunan Tata Tertib Pembuatan;Pendaftaran; Sanksi Atas Pelanggarannya; Pola Umum dan Materi PP/PKB,Pembahasan/Penyusunan Pasal-pasal Kritis Dalam PP/PKB; Perundingan/Negosiasi DalamPenyusunan PKB; dll.

12. PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL Jenis Perselisihan; Proses Penyelesian Perselisihan; Penyelesaian di Luar Pengadilan(Lembaga Bipartit/Mediasi/Konsiliasi//Arbitrase); Penyelesaian di Pengadilan danProsesnya (Gugatan; Upaya Hukum; Eksekusi Putusan); Hukum Acara di Pengadilan; KasusPidana Ketenagakerjaan dan Proses Penyelesaiannya.

13. MOGOK KERJA/PENUTUPAN PERUSAHAAN Tindakan-tindakan Yang Dibenarkan dan Yang Tidak Dibenarkan UU; Sanksi AtasPelanggarannya

14. PELANGGARAN DISIPLIN DAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA Pengertian PHK; PHK Demi Hukum/Oleh Pengadilan/Oleh Pekerja/Oleh Pengusaha; ProsedurPHK Secara Umum/Oleh Perusahaan/Oleh Pekerja; Hak Pekerja Atas PHK; PHK OlehPengadilan/Oleh Pekerja/Oleh Pengusaha; Kompensasi PHK; Proses Pemberian SuratPeringatan, Skorsing dan Tindakan Disiplin Lainnya; Proses PHK Pasca PutusanMahkamah Konstitusi No. 12/2003; Pembahasan Beberapa Kasus PHK.

15. PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN Wajib Lapor Ketenagakerjaan; Dasar Hukum Butir-butir Pelaporan; PembahasanKasus-kasus yang Sering Timbul dan Antisipasinya.

16. PENYIDIKAN, KETENTUAN PIDANA DAN SANKSI ADMINISTRATIF Pembahasan Ketentuan Dengan Ancaman Sanksi Perdata/Pidana/ Administratif AtasPelanggaran Ketentuan Ketenagakerjaan. Siapa yang harus ikutPrakktisi HR & IR Senior yang ingin lebih fokus dalam mendalami IR, serta semuapihak yang terkait dengan ketenagakerjaan di Indonesia.Duration Two Days : 09.00 – 16.00 WIB InvestasiEarly bird Rp 2.750.000,- / personAccountBank Mandiri – Cempaka Mas No.a/c 120-000-475-430-0 a/n – PT. Whitehouse Consulting——————————————————————————–Formulir Pendaftaran ——————————————————————————–Subject : Managing & Handling Corporate IR
Name : (di isi dengan nama lengkap)Position :
Company :
Mobile :
Telp & Fax :
Date of transfer :
——————————————————————————–
Informasi dan PendaftaranLestari KusumoHotline : 0813 9951 1553PT. WhiteHouse ConsultingIS Plaza Building, 9th Floor, Suite 904, Jl. Pramuka Raya Kav.151, Jakarta-13120Telp : 021-856 4666 Ext.1053Fax : 021-851 3661, 021-857 9510YM : whitehouse.consulting (Yahoo Messenger)E-mail : whitehouse.consulting@gmail.comWebsite : http://whitehouse-consulting.blogspot.com——————————————————————————–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: