1.

Professional Filing & Records Management
Friday, 11-4-2008 (1 day) [Training01]

1.

Electronic Filing and Document Management System
Saturday, 12-4-2008 (1 day) [Training02]

1.

Coaching: A Strategic Tool for Leadership
Monday, 14-4-2008 – Tuesday, 15-4-2008 (2 days) [Training03]

1.

Remuneration Analyst Program (RAP)
Tuesday, 15-4-2008 – Wednesday, 16-4-2008 (2 days) [Training04]

1.

Behavioral Event Interview
Tuesday, 15-4-2008 – Wednesday, 16-4-2008 (2 days) [Training05]
Seminar Description :

[Training01]

Professional Filing & Records Management

Date :
Friday, 11-04-2008
09:00 – 16:00

Venue :
Patra Office Tower
Jl. Gatot Subroto 32-34.
Jakarta 12950

Fee :
Rp 1.250.000,-

Seminar/Conference Description :
Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mengambil arsip yang sudah
disimpan
selama setahun? dan berapa banyak waktu pula Anda butuhkan untuk arsip yang
sudah tersimpan selama lima tahun ?

Tujuan & Manfaat

1. Memberikan pemahaman kepada peserta akan peranan dan pentingnya
pengelolaan
arsip dalam nanajemen perusahaan.
2. Membekali peserta dengan teknik-teknik dan cara-cara yang efektif dalam
mengelola arsip.
3. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan dapat mengelola arsip
perusahaannya
secara professional dengan sistem yang benar, efektif dan dapat diaplikasikan
dengan kebutuhan perkembangan perusahaannya.

Who Should Attend? :
Staf perusahaan utamanya bagian administrasi dan sekretaris yang ingin
memiliki
basic pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam pengelolaan arsip secara
profesional.

Speaker :
Lalita Oetama
Dosen STBA
Seorang praktisi yang berpengalaman di bidang secretarial. Menimba
pengalaman
di perusahan besar seperti PT. DASWA MOTOR, Seorang praktisi yang
berpengalaman
di bidang secretarial. Menimba pengalaman di perusahan besar seperti PT.
DASWA
MOTOR, BECHTEL Inc, PT.TRAKINDO UTAMA, dan at PT. TRIPATRA ENGINEERING.
Jabatan yang pernah beliau pegang mulai dari Personel Manager dan
Administratif
Director. Pada saat ini beliau aktif sebagai professional instuktur di
CareerTrack
Training dan ISKI BBC INTERNATIONAL

Outline :

1. Pelatihan , Professional Filing & Records Management, merupakan program
pelatihan aplikasi system kearsipan dimana pesertanya akan langsung
diperkenalkan
dengan berbagai system mutakhir sehingga dapat memilih system pengelolaan
yang
paling sesuai dengan perusahaannya.
2. Untuk mencapai sasaran tersebut maka peserta pelatihan pertama-tama akan
diperkenalkan terlebih dahulu dengan, antara lain :

3. aturan/pedoman umum pengelolaan arsip
4. tujuan penyimpanan arsip
5. jenis-jenis arsip dan cara penggolongannya
6. hubungan kerja pengelola arsip dengan lintas manajemen
7. kewenangan sekretaris / pengelola arsip, dan
8. bagaimana mengamankan arsip yang bersifat Rahasia

9. Pada sesi berikutnya peserta akan diperkenalkan dengan berbagai system
pengelolaan
arsip yang paling banyak digunakan, yang kemudian dilanjutkan dengan latihan
untuk setiap sistemnya.
10. Pelatihan ini tidak membahas Undang-undang Kearsipan (karena belum ada)
dan juga tidak membahas penggunaan produk alat pengelola arsip tertentu. Yang
disajikan dalam pelatihan ini adalah pengetahuan mengenai pengelolaan arsip
dengan standar international, bersifat aplikable dan dapat diaplikasikan dan
dikembangkan dengan menggunakan bantuan komputer dan sebagainya.

[Training02]

Electronic Filing and Document Management System

Date :
Saturday, 12-04-2008
09:00 – 17:00

Venue :
Kartika Chandra Hotel
Jl. Gatot Subroto No. 18-20
Jakarta, INA

Fee :
Rp 1.950.000,-

Rp 1.250.000,- (Registration 3 person/more ; Payment before April 7th, 2008)

Rp 1.450.000,- (Reg before March 29th ; Payment before April 7th, 2008)

Seminar/Conference Description :
Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, banyak pihak yang
menggunakan
media elektronik dalam pengarsipan dan pengelolaan dokumennya. Sistem
pengarsipan
elektronik ini biasa dikenal dengan istilah Electronic Filing System (EFS).
Penggunaan sistem kearsipan elektronik (Electronic Filing System) sangat
membantu
pihak pengelola arsip untuk dapat mengelola dokumen dengan baik secara
efektif
dan efisien, baik dalam hal penyimpanan, pengolahan, pendistribusian, dan
perawatan
dokumen.

Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan informasi kepada peserta
mengenai
konsep dasar Electronic Filing and Document Management System, perangkat
keras
(hardware) & perangkat lunak (software) yang digunakan, perencanaan struktur
arsip (file structure), proses document/data capture, sistem penamaan arsip
elektronik (electronic file indexing system), pengendalian sistem pengarsipan
elektronik.

Method
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta diperkenalkan
kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, mendiskusikan proses yang
terkait

Who Should Attend? :
Secretary, Human Resources, Administration, Finance, Purchasing, Accounting

Speaker :
Fahmi Rafsanjani, Ir
Fahmi Rafsanjani menamatkan pendidikan tingginya dari Jurusan Teknik Mesin,
Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah seorang lulusan terbaik. Ia
memiliki pengalaman sebagai seorang instruktur/trainer untuk beberapa topik
training yang berkaitan dengan area engineering skills, SAP Procure to Pay
system, electronic payment verification system, dan purchasing management

Outline :

• Definisi dan jenis-jenis arsip (file).
• Konsep dasar sistem kearsipan elektronik berbasis komputer.
• Pengenalan sistem pengarsipan dengan menggunakan alat/media elektronik
seperti
: komputer, business software, scanner, internet, dll.
• Hardware dan software yang digunakan dalam sistem pengarsipan elektronik.

• Perancangan dan perencanaan sistem dan struktur arsip elektronik.
• Teknik dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam meng-capture
data/dokumen
menjadi data/dokumen elektronik.
• Sistem penamaan arsip elektronik.
• Sistem penyimpanan dan retensi arsip elektronik.
• Teknik pengendalian sistem pengarsipan elektronik

[Training03]

Coaching: A Strategic Tool for Leadership

Date :
Monday, 14-04-2008 until Tuesday, 15-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Sofyan Betawi Hotel
Jl. Cut Meutia (Menteng)
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.200.000,-

Seminar/Conference Description :
Coaching akan memampukan terjadinya proses pembelajaran dan pengembangan
sehingga
kinerja meningkat. Untuk menjadi seorang Coach yang berhasil dibutuhkan gaya
, keterampilan dan teknik yang sesuai dengan bidangnya untuk mendukung orang
lain (client) mencapai tujuannya melalui penetapan tujuan, dorongan, dan
pertanyaan.
Tidak seperti counselor atau mentor, seorang coach tidak menawarkan nasihat.
Bahkan, seorang coach membantu client nya untuk menemukan solusi, dengan
mempertanyakan
segala sesuatu yang bertujuan memberikan wawasan mendekati situasi yang
dihadapi.
Seorang coach bertanggung jawab terhadap client nya, di mana jika si client
setuju pada suatu rencana untuk mencapai tujuan, coach tersebut akan membantu
memotivasinya untuk menyelesaikan rencananya. Melalui pelatihan Coaching: A
Strategic Tool for Leadership ini para peserta akan dilatih menjadi seorang
Coach yang berhasil.

Output:

1. Memahami coaching dalam bisnis
2. Memahami manfaat coaching untuk peningkatan kinerja
3. Memahami langkah-langkah melakukan coaching yang efektif
4. Memahami perbedaan coaching dan mentoring

Who Should Attend? :
Supervisor, Staf Inti, dan Manajer lini di berbagai industri dan berbagai
bidang tugas yang berkeinginan memanfaatkan Coaching sebagai media untuk
meningkatkan
kinerja individu atau organisasi.

Speaker :

1. Sidharta Poespadibrata, Dr
Instruktur
2. Sutardjo.A.W, Prof, Dr
Instruktur

Outline :

1. Coaching as a process
2. The difference between coaching and mentoring
3. Organizational and Individual Coaching
4. Performance Coaching
5. Steps in the Coaching Process
6. How to do Coaching
7. Barriers to do Coaching
8. Guidelines for Effective Coaching
9. Case Study
10. Case Simulation

[Training04]

Remuneration Analyst Program (RAP)

Date :
Tuesday, 15-04-2008 until Wednesday, 16-04-2008
08:00 – 17:00

Venue :
Grand Flora Hotel
Jl. Kemang Raya No. 7
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.950.000,-

• Early bird : Rp. 2.725.000,- (pembayaran sebelum tgl 8 April 2008)
• Special price for group : Rp. 2.500.000,- (minimum 3 participants)
• Note : Peserta Harap Membawa laptop
• Including : Materi, Cd module, tools (Formula Excel), Certificate, Snack
& Lunch, Wifi Access Internet.

Seminar/Conference Description :
Sistem remunerasi merupakan hal yang krusial dalam konteks pengelolaan SDM.
Selain merupakan hal yang sensitif, kesalahan dalam mengelola remunerasi
perusahaan
dapat mengakibatkan gejolak di internal perusahaan. Sistem remunerasi perlu
disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal: internal equity, external
competitive,
dan sejalan dengan arah dan strategi bisnis perusahaan. Remuneration Analyst
Program ditujukan bagi penanggung jawab remunerasi agar memiliki pengetahuan
dan ketrampilan dalam mengelola remunerasi di tempat tugasnya.

Who Should Attend? :
Compensation & Benefit Officer

Speaker :
Dinar Wulan Sutoto, Ir., Msi
Pimpinan sebuah lembaga SDM di Indonesia, posisi terakhir beliau sebagai
profesional
adalah Senior Manager HR dari sebuah BUMN Nasional. Berpengalaman lebih
kurang
19 tahun sebagai praktisi, beliau pernah menjabat serangkaian posisi
strategis
di bidang sumber daya manusia (General Manager HR, Manager Planning &
Recruiting).
Pemegang gelar master di bidang manajemen SDM Universitas Indonesia ini telah
mengikuti beberapa pelatihan HR beberapa insitusi terkemuka lokal maupun
internasional
(National University of Singapore, Michigan University, Watson & Wyatt
Consulting,
Hay Management Consulting dan Hewitt Indonesia).

Outline :

• Principles Of Sound Compensation Management

1. Internal Equity
2. External Competitiveness and Market Positioning
3. Rewarding Individual & Group Performance
4. Planning & Administering Remuneration

• C & B Issues & Problems
• C & B Logic & Strategic
• Job Analysis
• Job Evaluation
• Job Pricing a Pay for 3 P (person, position, & performance)

1. Bonus : Individual – Group – Company
2. Incentives : Executive incentives, Profit Sharing-Bonus Pool, Rank and
file
incentives, Productivity-based pay-target-based pay, Sales force incentives

3. Financial Schemes, Share ownership

• Job Pricing a Salary Survey

Training Tools :

• Manual Compensation Simulation
• Job Evaluation Simulation
• Job Grading Simulation
• Salary Increment Simulation
• Salary Structure Simulation
• Cost Impact Simulation

[Training05]

Behavioral Event Interview

Date :
Tuesday, 15-04-2008 until Wednesday, 16-04-2008
08:30 – 17:00

Venue :
Menara Kadin
Jakarta, Indonesia

Fee :
Rp 2.860.000,-

Group Discount 10% untuk lebih dari 1 peserta dari perusahaan yang sama

Seminar/Conference Description :
Mendapatkan kandidat karyawan terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan
menjadi
tantangan utama praktisi rekrutmen. Konsekuensi dari salah rekrut sangat
besar,
termasuk dari sisi biaya. Teknik wawancara kandidat merupakan salah satu
faktor
kunci untuk keberhasilan rekrutmen. Ada banyak metode wawancara yang
dikembangkan
organisasi dalam melakukan rekrutmen, dan Behavioral Event Interview (BEI)
merupakan metode wawancara dengan akurasi tertinggi (70%), menurut
suami-isteri
Spencer dan Lyle (penulis buku Competence at Work). Pada dasarnya, BEI sangat
akurat menggali kompetensi kandidat, potensi kompetensinya, dan menganalisis
gap kompetensi serta cara menghilangkan gap kompetensi tersebut.

Metode BEI berkembang sangat cepat seiring dengan diperkenalkannya manajemen
SDM berbasis kompetensi (Competency-Based HR Management). Lantas, bagaimana
konsep dan implementasi BEI secara riil di dalam dunia organisasi? Apa pula
bedanya dengan metode wawancara Targeted Selection?

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, para Peserta diharapkan mampu:

1. Memahami konsep kompetensi dan penerapannya
2. Memahami dan trampil melakukan wawancara kompetensi untuk menggali
kompetensi
yang relevan dengan pekerjaan
3. Melakukan rating terhadap Interviewee secara efektif
4. Lebih mengenal Pola Perilaku Karyawan atau Calon Karyawan berdasarkan
Kompetensi
secara efektif
5. Mengenali Gap Kompetensi dan Cara Meningkatkan Kompetensi Karyawan
6. Memiliki dasar yang kuat dalam melakukan proses seleksi calon karyawan
berdasarkan
kompetensi

Who Should Attend? :
Praktisi HR dan Rekrutmen di institusi swasta maupun pemerintah

Speaker :
R. Benyamin AM, MPsi. Drs
Psikolog dari UI dan Magister Psikologi bidang Psikologi Industri &
Organisasi.
Berpengalaman sebagai praktisi dan konsultan dibidang manajemen SDM khususnya
dalam bidang Assessment Center, Pelatihan Outbound & Inbound, Analisa Beban
kerja, Penyusunan Job Description, Competency Based HR Management (CBHRM),
Behavioral Event Interview, Targeted Selection, dan Training Need Analysis
di Perusahaan BUMN dan swasta nasional maupun internasional

Outline :

1. Konsep Kompetensi
2. Informasi yang bisa di-coding
3. Identifikasi Kompetensi
4. Indikator perilaku kompetensi – Kejadian spesifik
5. Penyusunan Kamus Kompetensi Indikator Perilaku Kompetensi
6. Competency Based Interview
7. Coding
8. Integrasi data penilaian kompetensi
9. Mengenali Gap Kompetensi
10. Meningkatkan Kompetensi
11. Persiapan Mental melakukan Wawancara Kompetensi (Meningkatkan
ketrampilan
konsentrasi/ Fokus )

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi
Sdr. Randy, Sdri. Tety atau Sdri. Yanthi di
T. (021) 719 1612 (Hunting)/ 719 9555 (Hunting)
F. (021) 719 9552

Untuk informasi seminar & training lainnya kunjungi : www.6221.net

Jika Anda tidak ingin menerima buletin edisi mendatang, klik di sini untuk
unsubscribe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: